Badai Peluang Sempurna: Industri Kebugaran + Pemasaran Jaringan

Diposting oleh Unknown on Rabu, 20 Februari 2013


Sebagai seorang ekonom, saya berurusan dengan tren-tren skala-besar dalam ekonomi, yang sering diukur dalam milyaran atau triliunan dollar. Tapi orang-orang sering tidak mengerti arti milyaran dan triliunan. Orang-orang tidak begitu peduli dengan "ekonomi"�-mereka peduli dengan "ekonomi mereka."

Mereka ingin tahu, "Apa yang bisa saya lakukan dalam ekonomi baru ini untuk sukses, untuk mengurus diri saya sendiri dan keluarga saya?" Saya menulis The Next Millionaires untuk menjelaskan di mana ekonomi kita selama ini, di mana ia hari ini, dan kemana ia pergi�-tapi yang lebih penting lagi, untuk menyempitkan semua ini ke tingkat "ekonomi anda."
Sejak 1991, kekayaan rumahtangga AS berlipat empat dari $13 triliun ke sekitar $52 triliun pada 2005. Membaca angka-angka ini, anda mungkin berkata, "Itu menarik... itu kedengarannya berita bagus." Tapi ia menjadi sangat pribadi saat kita memandang apa ini sebenarnya artinya bagi masing-masing pengusaha yang terlibat dalam industri-industri baru yang bangkit dan paling hidup secara ekonomi.
Ada hal yang sangat berbeda tentang peningkatan besar dalam kekayaan rumahtangga ini�hal yang tak pernah terjadi sebelumnya, dan yang punya implikasi-implikasi penting bagi kehidupan individu orang-orang: Pertumbuhan ini sedang berlangsung bukan hanya di kalangan sekelompok eksklusif orang yang sudah-kaya, tapi pada suatu demografi luas yang mencakup jutaan "rakyat biasa."
Saya sebut ini "demokratisasi kekayaan Amerika." Mari kita pandang sekilas cara ini bekerja, dan lalu lihat sejumlah cara paling ampuh untuk memastikan bahwa anda bisa jadi bagian dari tren menggembirakan ini.

Demokratisasi Kekayaan Amerika

Pada 1991 ada 3,6 juta keluarga Amerika dengan kekayaan bersih $1 juta atau lebih. Hari ini ada lebih dari 10 juta keluarga macam itu dan kita sedang menambah keluarga-keluarga jutawan baru sebanyak satu juta per tahun. Meski kita selalu mempunyai periode-periode di mana keluarga-keluarga superkaya meningkatkan kekayaan bersih mereka lebih jauh lagi, di mana yang kaya jadi semakin kaya, kita belum pernah mempunyai begitu banyak orang biasa golongan-pekerja menjadi kaya.
Anda bisa melihat bukti dramatis dari ini pada peringkat puncak dari kekayaan AS, para milyarder pada daftar "Forbes 400" orang-orang Amerika terkaya. Waktu daftar ini dirilis pada 1981, ia berisi nama-nama yang kebanyakan akrab seperti Rockefeller, Astor dan Morgan dan mewakili suatu porsi signifikan dari kekayaan rumahtangga AS total.
Duapuluh empat tahun kemudian, hanya 40 dari 400 mula-mula tetap pada daftar itu, dan kekayaan dari gabungan 400 itu hanya $1 triliun, kurang dari 2 persen dari $52 triliun kekayaan rumahtangga AS. Yang ekstrim kaya, 10 teratas pada daftar itu, menyusun hampir 25 persen dari total $1 triliun itu, tapi saat kita memeriksa lebih dekat kita lihat bahwa semua dari 10 teratas ini terlahir miskin atau golongan-menengah!
Pada 10 tahun ke depan, seiring kekayaan rumahtangga AS berlipat dua menjadi $100 triliun, paling sedikit $10 triliun dari kekayaan baru itu akan mewakili para pengusaha baru yang masuk bermain. $10 triliun itu mewakili 10 juta lagi jutawan baru.
Suatu peluang akbar terhampar di depan, bukan hanya bagi segelintir orang, tapi bagi jutaan "rakyat biasa," para pengusaha individu yang tidak terlahir ke dalam keluarga-keluarga kaya, tapi yang memilih untuk terjunkan diri dalam industri-industri baru dan sedang bangkit di mana kekayaan baru ini sedang diciptakan.
Dua industri baru terkuat di mana pertumbuhan ini akan berlangsung adalah kebugaran (wellness) dan pemasaran jaringan (network marketing).

Industri Kebugaran

Ironisnya, dari $2 triliun yang kita belanjakan pada perawatan kesehatan di negeri ini, yang mewakili seperenam dari ekonomi AS, kebanyakan sangat kecil kaitannya dengan kesehatan.
"Kesehatan" diartikan dalam kamus sebagai "bagus dalam tubuh, pikiran atau jiwa," tapi yang kita sebut "perawatan kesehatan" (health care) punya fokus yang sangat berbeda, dan akan lebih tepat disebut industri kesakitan.
Industri kesakitan : Produk-produk dan jasa-jasa yang disediakan secara reaktif kepada orang-orang setelah mereka terkena suatu sakit, mulai flu sampai tumor kanker. Produk-produk dan jasa-jasa ini berusaha untuk mengobati gejala-gejala suatu penyakit atau menghilangkan penyakitnya.
Industri kebugaran : Produk-produk dan jasa-jasa yang disediakan secara proaktif kepada orang-orang sehat�yaitu, mereka yang tanpa penyakit yang sudah ada�untuk membuat mereka merasa lebih sehat lagi dan tampil lebih baik, untuk memperlambat efek-efek penuaan, atau untuk mencegah berkembangnya penyakit-penyakit dari awalnya.
Saya tak sengaja menemukan industri kebugaran pada 1990-an, seperti begitu banyak orang, lewat suatu pengalaman dengan kesehatan saya sendiri. Selama 10 tahun (melawan nasihat medis) saya telah menunda-nunda menjalani operasi lutut yang mahal. Akhirnya, saya mulai meminum suplemen makanan yang disebut glucosamine�dan dalam setahun tulang rawannya membaik. Dokter bedah takjub waktu dia memeriksa sinar-X saya; saya tak lagi memerlukan operasi itu.
Pengalaman ini mengusik minat saya; saya ingin mencari tahu apa lagi yang tak diketahui dokter bedah saya dan para penyedia medis saya lainnya. Saya juga perhatikan bahwa orang-orang berbelanja lebih banyak pada hal-hal baru seperti program-program olahraga dan pelatih-pelatih kebugaran, suplemen-suplemen dan makanan-makanan organik, pengobatan alternatif dan terapi-terapi anti-penuaan. Saya mulai meneliti bidang ini dan segera sampai pada suatu kesimpulan menakjubkan: Industri baru dan sedang bangkit ini, yang sepuluh tahun lalu saja nyaris belum ada, sudah merupakan sebuah bisnis $200 milyar.
Ini merupakan suatu peluang ekonomi luar biasa. Jutaan orang yang mengeluarkan milyaran dollar untuk memajukan kebugaran mereka merupakan suatu sektor ekonomi baru dan berkembang yang makan dan hidup secara lebih sehat daripada siapa pun yang sudah-sudah dalam sejarah. Mereka terutama adalah orang-orang kaya yang, begitu mereka mulai punya uang, mulai mencari cara-cara mereka bisa lebih sehat�di luar lembaga medis. Hari ini, misalnya, sektor ini membelanjakan lebih $70 milyar per tahun pada vitamin-vitamin dan suplemen-suplemen makanan.
Siapa orang-orang ini? Kebanyakan baby boomers: orang-orang makmur dari usia 40 sampai 60. Baby boomers adalah generasi pertama dalam sejarah yang menolak untuk secara membuta menerima proses penuaan. Mereka juga suatu kekuatan ekonomi digdaya; mereka menyusun hanya 28% penduduk kita�namun kelompok ini dan belanja mereka menyusun 50% ekonomi kita.
Sampai belakangan ini, pemasaran kepada baby boomers hanyalah tentang cara membantu mereka ingat seperti apa menjadi muda�musik oldies (lama), pakaian retro, dan mobil-mobil bergaya �50-an. Kini, ia telah berjalan selangkah lebih jauh. Masa ini, boomers mulai membeli hal-hal yang sesungguhnya membuat mereka lebih muda dalam hal memiliki tubuh yang lebih sehat, indera-indera lebih jeli dan pikiran lebih tajam!
Dan industri ini baru saja mulai. Kebanyakan orang bahkan tidak tahu ada produk-produk macam itu, dan seiring lebih banyak orang tahu tentang kebugaran, sektor ini sedang meledak.
Pada 2000, waktu saya pertama mulai mengkaji tren ini, saya terkejut menemukan bahwa kebugaran di Amerika sudah merupakan sebuah bisnis $200 milyar. Saat ini, hanya beberapa tahun kemudian, ia telah berlipat dua menjadi bisnis $400 milyar! Sampai tahun 2010, hanya 5 tahun dari sekarang, ia akan telah menjadi industri triliun-dollar berikutnya.
Dalam dekade terakhir, banyak orang yang telah mencapai kekayaan baru menghasilkan kekayaan mereka dalam komputer. Dalam dekade ini, jauh lebih banyak akan menghasilkan kekayaan baru mereka dalam kebugaran.

Pemasaran Jaringan dan Kebugaran

Saat saya mulai menjelajahi industri baru menakjubkan ini, saya temukan diri mengajukan suatu pertanyaan dasar: Bagaimana orang-orang akan belajar tentang semua pendekatan baru terhadap kesehatan dan kebugaran mereka ini?
Tentu bukan lewat para dokter mereka. Para dokter, rumahsakit-rumahsakit dan perusahaan-perusahaan farmasi kebanyakan adalah bagian dari "industri kesakitan" karena, hingga belakangan ini, kebanyakan ilmuwan dan pemimpin kebijakan publik memandang kebugaran atau perawatan preventif sebagai praktik medis jadi-jadian.
Masa ini, banyak studi ilmiah telah membenarkan apa yang tampaknya selama ini diketahui beberapa juta orang Amerika: Ada ratusan atau ribuan pengobatan manjur untuk membuat orang-orang merasa lebih sehat, untuk memperlambat efek-efek penuaan, atau untuk mencegah penyakit-penyakit berkembang dari pertamanya. Tapi sampai anda lebih dulu mengalami salah satu pengobatan ini manjur bagi anda atau salah seorang anggota keluarga anda, anda mungkin akan tetap jadi orang skeptis dan dan melewatkan perbaikan kualitas hidup anda, dan pengurangan ongkos-ongkos perawatan kesehatan jangka-panjang anda.
Informasi yang benar tentang menu makan, gizi, vitamin-vitamin, mineral-mineral dan suplemen-suplemen hampir semua bertentangan dengan apa yang telah kita dengar dari komunitas medis kita. Bagi banyak orang, ia bertentangan dengan cara kita dibesarkan. Di luar sana beredar begitu banyak informasi yang tak akurat; orang-orang terkondisikan pada itu. Waktu mereka pertama mendengar informasi bagus baru, alaminya mereka akan skeptis. Satu-satunya jalan kebanyakan orang akan sesungguhnya mengubah paradigma mereka atau mulai belajar informasi baru adalah orang ke orang�karena mereka secara aktif terlibat dalam suatu percakapan.
Cara terbaik untuk belajar tentang kebugaran adalah melalui seseorang yang dekat dengan anda yang telah mempunyai suatu pengalaman kebugaran. Anda melihat teman sekamar kampus anda dan meluncurlah,"Ya Tuhan, John, kamu kelihatan hebat! Kelihatan sehat sekali�apa yang kamu lakukan?" Anda kebetulan menemui suatu pengalaman kebugaran dan mulai menemukan bahwa ada sebuah industri kebugaran utuh di luar sana, dengan semua jenis produk dan jasa baru.
Kami akan sangat berterima kasih apabila anda menyebar luaskan artikel Badai Peluang Sempurna: Industri Kebugaran + Pemasaran Jaringan ini pada akun jejaring sosial anda, dengan URL : http://dasyat2013.blogspot.com/2013/02/badai-peluang-sempurna-industri.html

Bookmark and Share

0 komentar... Baca dulu, baru komentar

Posting Komentar