Revolusi Kebugaran

Diposting oleh Unknown on Rabu, 20 Februari 2013


Revolusi Kebugaran: Hal Besar Berikutnya  oleh Paul Zane Pilzer, ekonom, profesor, pebisnis, investor

Dalam abad ke-20, hidup kita direvolusi oleh hal-hal seperti otomobil, perjalanan udara, komputer pribadi, dan perencanaan keuangan. Dalam hal-hal itu, penemuan-penemuan awal membawa pada kelahiran kerajaan-kerajaan uang dan kekayaan individu bagi para pengusaha dan investor yang masuk lebih dulu. Hal besar berikutnya dari abad ke-21 telah dimulai, dan ia berjanji untuk dengan cara serupa merevolusi hidup kita dan menawarkan peluang-peluang bagi pembangunan kekayaan sangat besar selama 10 tahun ke depan.
Hal besar berikutnya ini adalah wellness revolution (revolusi kebugaran).

Buku ini bukan tentang suatu fad atau kecenderungan sesaat, ini tentang suatu kebutuhan baru dan tak terbatas yang meleburkan diri ke dalam cara kita makan, berolahraga, tidur, bekerja, menabung, menua, dan hampir setiap aspek lain dari hidup kita.

Hasrat akan kebugaran sudah merasuki putusan-putusan kita, mulai pasta gigi dan sampo mana yang kita pakai di pagi hari sampai apa yang kita makan sepanjang hari sampai jenis seprei dan kosmetik yang kita pakai di malam hari. Kita menuntut lebih banyak keamanan dari produk-produk kita; kita inginkan lebih baik pencegahan darinya juga. Namun kita baru pada permulaan kesadaran publik tentang kebutuhan yang berkembang ini�karena kebanyakan orang masih belum sadar bagaimana pilihan-pilihan sederhana mempengaruhi kebugaran mereka, dan banyak produk dan jasa kebugaran masih belum tersedia luas di pasar.
Buku ini menjelaskan industri kebugaran yang muncul untuk membekali anda dengan informasi yang anda perlukan untuk meraih untung darinya, baik secara materi maupun pribadi.
Ketika Henry Ford pertama menemukan sebuah mobil diproduksi-masal yang terjangkau oleh orang biasa, banyak orang mengejek pemikiran bahwa orang-orang akan membelinya. Saat itu sedikit jalan beraspal untuk bepergian, pom-pom bensin tidak ada, dan kebanyakan orang tinggal dalam radius berjalan dari tempat kerja mereka. Tapi kebutuhan itu tumbuh seiring menjamurnya produknya. Orang-orang pindah ke daerah-daerah pinggir-kota dan memerlukan mobil. Pada saat yang sama, stasiun-stasiun bensin bermunculan. Sebentar kemudian mobil menjadi suatu kebutuhan hanya untuk pergi kerja atau berbelanja keperluan-keperluan sehari-hari.
Bagaimana seandainya anda telah diberitahu waktu itu bahwa Model T-nya Henry Ford bukan cuma produk baru lainnya, tapi awal dari suatu sektor ekonomi dunia triliunan dollar yang sama sekali baru�bahwa dalam 100 tahun akan ada 500 juta mobil di jalan, yang mengharuskan industri-industri triliunan dollar pendukung dalam pom-pom bensin, konstruksi jalan, ban-ban serep, rumah-rumah pinggir-kota, dan restoran-restoran cepat-saji?
Akankah anda telah menerima pemikiran ini? Selain keterbatasan berupa tiada jalan-jalan, tidak ada pom-pom bensin, dan tempat-tempat kerja yang cukup dekat, orang-orang lazimnya bekerja enam hari seminggu demi upah kecil dan dengan sedikit waktu luang untuk berkendara Minggu di desa. Untuk menerima pemikiran ini anda juga akan harus meramalkan minggu-kerja lima-hari 40-jam yang akan datang dan kenaikan penghasilan bebas.
Tapi umpamakan anda mengatasi rasa skeptis anda dan melihat kendaraan-kendaraan otomotif baru dari Henry Ford dan lainnya itu sebagai permulaan dari sebuah industri triliunan dollar. Sebagai seorang pengusaha atau investor, kemana anda akan telah memasang taruhan anda? Apakah itu pada mobil-mobil bertenaga-bensin atau mobil-mobil listrik atau diesel? Apakah itu pada konstruksi jalan, pada suku-suku cadang serep seperti ban, atau pada pembangunan tanah pemukiman? Dan sama pentingnya, begitu anda memilih satu dari bidang-bidang ini, apa yang khususnya akan telah anda lakukan untuk menaruh andil anda?
Lebih belakangan, pada 1981 sebuah mega-industri kejutan lahir dari komputer pribadi yang baru dibuat, IBM PC, bersama dengan model-model pesaing oleh Apple dan RadioShack. Mungkin kebanyakan orang sama tak mampu meramalkan bahwa ini bukanlah cuma produk-produk baru, melainkan tanda-tanda dari sektor triliunan dollar lain dari ekonomi dunia�sebuah sektor yang tumbuh begitu cepatnya sehingga penjualan komputer pribadi akan melampaui penjualan mobil AS dalam hanya 10 tahun, sampai 1991.
Dalam ekonomi moderen kita, perubahan-perubahan yang dulu berlangsung sepanjang rentang 100 tahun atau lebih kini berlangsung dalam 10 tahun atau kurang. Seandainya anda bisa meramalkan kebangkitan bisnis komputer pribadi triliunan dollar seperti Bill Gates (Microsoft, software), Michael Dell (Dell Computer, hardware), Jeff Bezos (Amazon, distribusi), dan tak terhitung lainnya, dalam bagian apa dari industri komputer pribadi anda akan telah memasang taruhan anda?
Kendaraan swatenaga dan komputer pribadi adalah kehebohan dari zaman mereka. Lagipula, dalam zaman kuda dan andong, publik sulit menerima bahwa sebuah kendaraan bisa bergerak sendiri. Sama halnya, dalam zaman komputer mainframe seukuran-kamar, siapa bisa dengan mudah membayangkan bahwa sebuah komputer bisa "pribadi"?
Sejarahnya, produk-produk baru amat penting menjadi tersedia karena terobosan-terobosan ilmu yang memungkinkan penemuan mereka dan pembuatan yang terjangkau.

Orang-orang tidak memerlukan mobil dan komputer pribadi sebelum itu menjadi tersedia�tidak beda dari saat ini kita memerlukan perjalanan antarplanet. Namun begitu mereka menjadi tersedia, mereka lekas beralih dari sebagai hanya produk-produk baru ke menjadi kebutuhan-kebutuhan mutlak untuk kerja dan hidup sehari-hari.
Apa sih tentang dua produk baru ini, dan beberapa lainnya, yang membuat mereka begitu lekas sukses? Adakah hal yang jelas tentang mereka yang menandakan betapa merasuk mereka akan jadi dalam hampir setiap aspek hidup kita? Mengetahui sifat-sifat itu mungkin bisa membantu anda meramalkan industri-industri baru lainnya yang akan menguntungkan.
Sebenarnya ada lima ciri tersendiri dari industri-industri pervasif yang bangkit, yang akan saya beritahu anda sebentar lagi. Tapi pertama saya ingin memberitahu anda suatu cara berpikir krusial tentang kebugaran dan mengerti sebab-sebab pertumbuhannya yang tak terelakkan.

Mengartikan Industri Kebugaran Triliunan Dollar

Kita kini ada di permulaan industri triliunan dollar berikutnya�sebuah industri yang akan mempengaruhi hampir setiap aspek hidup kita dan mencapai $1 triliun dalam penjualan di dalam 10 tahun, tapi yang sama tak dikenalnya hari ini seperti industri otomobil pada 1908 atau industri komputer pribadi pada 1981.
Industri otomobil dimunculkan oleh terobosan-terobosan ilmiah dalam kimia, metalurgi, dan mekanika. Industri komputer pribadi dimunculkan oleh terobosan-terobosan ilmu dalam fisika dan matematika biner.
Industri triliunan dollar berikutnya ini sedang dilahirkan oleh terobosan-terobosan ilmiah dalam biologi dan biokimia sel.

Industri kebugaran sedang menjawab salah satu isu paling besar dari hidup, memecahkan salah satu dari sedikit misteri yang masih ada dari kehidupan manusia�umur dan vitalitas�yang atasnya teknologi masih harus menorehkan tandanya.
Untuk mengartikan industri kebugaran dan mengenali peluang-peluangnya, kita pertama harus membedakannya dari sebuah industri terkait yang didasarkan pada sebagian dari teknologi yang sama�industri healthcare (perawatan kesehatan) yang saat ini US$1,5 triliun.
Sekitar sepertujuh dari ekonomi AS, sekitar $1,5 triliun, dicurahkan pada apa yang secara keliru disebut bisnis "healthcare". Healthcare adalah suatu kesalahan istilah, karena satu-per-tujuh dari ekonomi ini sebenarnya dicurahkan pada bisnis kesakitan�yang diartikan dalam kamus sebagai "kesehatan yang buruk, kesakitan, suatu kondisi kelainan, lemah, atau kurang sehat, atau penyakit spesifik."
Bisnis kesakitan adalah reaktif. Meskipun besar, orang-orang menjadi pelanggan hanya ketika mereka terkena oleh bereaksi terhadap suatu kondisi atau kesakitan spesifik. Tak ada orang benar-benar ingin menjadi pelanggan.
Dalam 10 tahun ke depan, $1 triliun lagi dari ekonomi AS akan dicurahkan pada bisnis kebugaran yang belum-dinamai�yang diartikan dalam kamus sebagai "kualitas atau keadaan dalam kesehatan yang baik khususnya sebagai suatu tujuan yang dijalani secara aktif."
Bisnis kebugaran adalah proaktif. Orang-orang dengan sukarela menjadi pelanggan�untuk merasa lebih sehat, untuk mengurangi efek-efek penuaan, dan untuk menghindari menjadi pelanggan dari bisnis kesakitan itu. Setiap orang ingin menjadi pelanggan dari pendekatan tahap-lebih awal menuju kesehatan ini.
Mulai titik ini ke depan saya gunakan batasan berikut ini:
Industri kesakitan-> Produk-produk dan jasa-jasa yang disediakan secara reaktif kepada orang-orang yang sudah mempunyai penyakit, mulai flu sampai tumor ganas. Produk-produk dan jasa-jasa ini berusaha mengobati gejala-gejala suatu penyakit atau menghilangkan penyakit itu.
Industri kebugaran-> Produk-produk dan jasa-jasa yang disediakan secara proaktif bagi orang-orang sehat (mereka yang belum berpenyakit) untuk membuat mereka merasa lebih sehat lagi dan tampil lebih baik, untuk memperlambat efek-efek penuaan, atau untuk mencegah penyakit-penyakit dari berkembang awalnya.
Kami akan sangat berterima kasih apabila anda menyebar luaskan artikel Revolusi Kebugaran ini pada akun jejaring sosial anda, dengan URL : http://dasyat2013.blogspot.com/2013/02/revolusi-kebugaran.html

Bookmark and Share

0 komentar... Baca dulu, baru komentar

Posting Komentar